Fasilitas forwarding memungkinkan anda dapat
mentransfer secara otomatis surat yang masuk dengan kategori tertentu ke alamat
email yang lain.
bagaimana cara mengelola atau me-manage gmail account lebih dari satu. Ya,
memang kadang kita perlu mempunyai akun email lebih dari satu dengan alasan
tertentu, misalnya untuk kepentingan pribadi dan bisnis.
Namun ada kalanya juga kita bingung untuk
mengelolanya karena pada saat yg bersamaan, kita hanya dibolehkan untuk membuka
satu account email saja. Kecuali kalau kita mempunyai beberapa browser yang
sudah terinstal di komputer kita, kita bisa membuka masing-masing account pada
browser yang berbeda-beda. Meskipun begitu, hal itu juga masih merepotkan.
Untuk
mempermudah hal tersebut, kita bisa menggunakan fasilitas email
forwarding (penerusan)
yang disediakan oleh gmail. Caranya adalah sebagai berikut:
·
Login ke
akun gmail menggunakan ID dan password yang anda punya
·
Pada
dashboard gmail, klik Setelan (setting)
·
Lalu pilih
Penerusan dan POP/IMAP (forwarding and POP/IMAP)
·
Klik radio
button “Teruskan salinan surat yang masuk ke” dan isi kolom yang tersedia
dengan email yang akan digunakan untuk menampung email dan pilih untuk
menyimpan, arsipkan atau menghapus email yang masuk ke account gmail yang akan
kita forward ini.
·
Setelah
selesai, klik tombol “simpan perubahan”.
·
Setelah itu,
semua email yang masuk ke gmail account ini secara otomatis akan di-forward
atau diteruskan ke alamat email yang telah kita tentukan diatas.
Cara
ini bisa diterapkan pada akun gmail kita yang lain, sehingga kita hanya perlu
membuka account email yang digunakan sebagai alamatforwarding, sehingga kita lebih mudah untuk
me-manage multiple accountkita.
Fasilitas pop memungkinkan untuk
mendownload surat dari server gmail ke computer pribadi dengan software pembaca
email seperti :outlook expres, ms
outlook, Eudora, tunder bird.
Cara aktifasi dan
pengaturan POP3 pada Gmail dan email client--
1. Masuk/Login ke Account Gmail, kemudian klik pada menu SETTING. Klik Setting pada email Gmail
2. Aktifkan fasilitas POP nya, pilih menu : Enable POP for all mail, pada option When Messages are accessed with POP pilih delete Gmail’s copy (dengan mengaktifkan ini, maka saat email di download/dibaca menggunakan Email Client, maka di inbox Gmail akan dihapus. Ini berguna supaya tidak terjadi duplikasi saat akan mendownload email di waktu yg berbeda.
3. Langkah selanjutnya klik SAVE CHANGES. Selesai mengaktifkan fitur POP pd Gmail, sekarang dilanjutkan melakukan setting pada Email Client, dalam hal ini Outlook Express.
4. Klik tombol START di taskbar : START > ALL Programs>Outlook Express
5. Buat konfigurasi account email pada email client dengan cara : Klik Tools > Accounts
6. Klik ADD > MAIL
7. Isi nama yang kita inginkan tampil di depan alamat email kita pada kolom DISPLAY NAME, kemudian klik NEXT
8. Isikan alamat email kita pada kolom Email Address, klik NEXT :
9. Pilih POP3 pada My Incoming Mail Server is___server
10. Pada kolom Incoming Mail isikan : pop.gmail.com
11. Pada kolom Outgoing Mail isikan : smtp.gmail.com.
12. Klik NEXT
13. Isikan alamat email pada kolom ACCOUNT NAME
14. Isikan password pada kolom PASSWORD
15. Hilangkan tanda centang pada LOG ON SECURE PASSWORD AUTHENTICATION
16. Klik NEXT
17. Klik FINISH
18. Pilih tab MAIL, klik PROPERTIES
19. Pada tab ADVANCED
20. Isikan pada kolom SMTP: 465, centang THIS SERVER REQUIRES A SECURE CONNECTION (SSL)
21. Isikan paa kolom POP3: 995, centang THIS SERVER REQUIRES A SECURE CONNECTION (SSL)
22. Hilangkan centang pada bagian DELIVERY > LEAVE A COPY OF MESSAGES ON SERVER hal ini mencegah duplikasi email jika dilain waktu akan mendownload email lagi.
23. Klik pada tab SERVER
24. Cek apakah sudah seperti gambar di atas. Klik APPLY kemudian OK
25. Sekarang saatnya kita mulai menerima/mendownload email dari Account Email kita. Klik panah kecil disamping tombol SEND/RECV,pilih RECEIVE ALL.
26. Proses download email ke inbox email client dimulai. Pada proses ini jendela bisa kita sembunyikan dengan klik HIDE
27. Selama proses download ini, kita bisa melanjutkan aktivitas spt biasa. Jika email yang ada di inbox kita jumlahnya banyak, maka proses ini bisa memakan waktu yang lama.
28. Langkah selanjutnya adalah mencari dimana email tersebut tersimpan.
29. Dari menu TOOLS > OPTIONS
30. Terbukalah menu options, pilih tab MAINTENANCE
31. Klik pada tombol STORE FOLDER
32. Akan terbuka jendela STORE LOCATION, klik kanan pada kolom Your personal message store is located in the following folder maka akan tampil seperti gambar berikut ini. Selanjutnya pilih SELECT ALL.
33. Kemudian ulangi klik kanan dan pilih COPY
34. Kemudian klik cancel dan keluar/tutup aplikasi Outlook Express.
35. Selanjutnya buka aplikasi Windows Explorer, caranya kalau pakai Windows XP, klik Start > AllPrograms > Accesories > Windows Explorer
36. Pada jendela WINDOWS EXPLORER , klik kanan pada kolom ADDRESSS, pilih menu PASTE
37. Tekan ENTER
38. Bisa dilihat bahwa terdapat file dengan extention .dbx karena email2 kita tersimpan di Inbox maka kita COPY file Inbox.dbx kemudian kita simpan pada file tersebut pada flashdisk atau hardisk external.
39. Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi OUTLOOK EXPRESS dan bisa dilihat pada inbox kita sudah terisi dengan email sama seperti yang kita download. Jadi email2 tersebut bisa kita baca secara offline.
1. Masuk/Login ke Account Gmail, kemudian klik pada menu SETTING. Klik Setting pada email Gmail
2. Aktifkan fasilitas POP nya, pilih menu : Enable POP for all mail, pada option When Messages are accessed with POP pilih delete Gmail’s copy (dengan mengaktifkan ini, maka saat email di download/dibaca menggunakan Email Client, maka di inbox Gmail akan dihapus. Ini berguna supaya tidak terjadi duplikasi saat akan mendownload email di waktu yg berbeda.
3. Langkah selanjutnya klik SAVE CHANGES. Selesai mengaktifkan fitur POP pd Gmail, sekarang dilanjutkan melakukan setting pada Email Client, dalam hal ini Outlook Express.
4. Klik tombol START di taskbar : START > ALL Programs>Outlook Express
5. Buat konfigurasi account email pada email client dengan cara : Klik Tools > Accounts
6. Klik ADD > MAIL
7. Isi nama yang kita inginkan tampil di depan alamat email kita pada kolom DISPLAY NAME, kemudian klik NEXT
8. Isikan alamat email kita pada kolom Email Address, klik NEXT :
9. Pilih POP3 pada My Incoming Mail Server is___server
10. Pada kolom Incoming Mail isikan : pop.gmail.com
11. Pada kolom Outgoing Mail isikan : smtp.gmail.com.
12. Klik NEXT
13. Isikan alamat email pada kolom ACCOUNT NAME
14. Isikan password pada kolom PASSWORD
15. Hilangkan tanda centang pada LOG ON SECURE PASSWORD AUTHENTICATION
16. Klik NEXT
17. Klik FINISH
18. Pilih tab MAIL, klik PROPERTIES
19. Pada tab ADVANCED
20. Isikan pada kolom SMTP: 465, centang THIS SERVER REQUIRES A SECURE CONNECTION (SSL)
21. Isikan paa kolom POP3: 995, centang THIS SERVER REQUIRES A SECURE CONNECTION (SSL)
22. Hilangkan centang pada bagian DELIVERY > LEAVE A COPY OF MESSAGES ON SERVER hal ini mencegah duplikasi email jika dilain waktu akan mendownload email lagi.
23. Klik pada tab SERVER
24. Cek apakah sudah seperti gambar di atas. Klik APPLY kemudian OK
25. Sekarang saatnya kita mulai menerima/mendownload email dari Account Email kita. Klik panah kecil disamping tombol SEND/RECV,pilih RECEIVE ALL.
26. Proses download email ke inbox email client dimulai. Pada proses ini jendela bisa kita sembunyikan dengan klik HIDE
27. Selama proses download ini, kita bisa melanjutkan aktivitas spt biasa. Jika email yang ada di inbox kita jumlahnya banyak, maka proses ini bisa memakan waktu yang lama.
28. Langkah selanjutnya adalah mencari dimana email tersebut tersimpan.
29. Dari menu TOOLS > OPTIONS
30. Terbukalah menu options, pilih tab MAINTENANCE
31. Klik pada tombol STORE FOLDER
32. Akan terbuka jendela STORE LOCATION, klik kanan pada kolom Your personal message store is located in the following folder maka akan tampil seperti gambar berikut ini. Selanjutnya pilih SELECT ALL.
33. Kemudian ulangi klik kanan dan pilih COPY
34. Kemudian klik cancel dan keluar/tutup aplikasi Outlook Express.
35. Selanjutnya buka aplikasi Windows Explorer, caranya kalau pakai Windows XP, klik Start > AllPrograms > Accesories > Windows Explorer
36. Pada jendela WINDOWS EXPLORER , klik kanan pada kolom ADDRESSS, pilih menu PASTE
37. Tekan ENTER
38. Bisa dilihat bahwa terdapat file dengan extention .dbx karena email2 kita tersimpan di Inbox maka kita COPY file Inbox.dbx kemudian kita simpan pada file tersebut pada flashdisk atau hardisk external.
39. Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi OUTLOOK EXPRESS dan bisa dilihat pada inbox kita sudah terisi dengan email sama seperti yang kita download. Jadi email2 tersebut bisa kita baca secara offline.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar