Jumat, 01 November 2013

Fasilitas forwarding and pop3


Fasilitas forwarding memungkinkan anda dapat mentransfer secara otomatis surat yang masuk dengan kategori tertentu ke alamat email yang lain.
bagaimana cara mengelola atau me-manage gmail account lebih dari satu. Ya, memang kadang kita perlu mempunyai akun email lebih dari satu dengan alasan tertentu, misalnya untuk kepentingan pribadi dan bisnis.
logo gmail Menggunakan Fasilitas Mail Forward untuk Manage Multiple Account Gmail
Namun ada kalanya juga kita bingung untuk mengelolanya karena pada saat yg bersamaan, kita hanya dibolehkan untuk membuka satu account email saja. Kecuali kalau kita mempunyai beberapa browser yang sudah terinstal di komputer kita, kita bisa membuka masing-masing account pada browser yang berbeda-beda. Meskipun begitu, hal itu juga masih merepotkan.
Untuk mempermudah hal tersebut, kita bisa menggunakan fasilitas email forwarding (penerusan) yang disediakan oleh gmail. Caranya adalah sebagai berikut:
·         Login ke akun gmail menggunakan ID dan password yang anda punya
·         Pada dashboard gmail, klik Setelan (setting)
·         Lalu pilih Penerusan dan POP/IMAP (forwarding and POP/IMAP)
·         Klik radio button “Teruskan salinan surat yang masuk ke” dan isi kolom yang tersedia dengan email yang akan digunakan untuk menampung email dan pilih untuk menyimpan, arsipkan atau menghapus email yang masuk ke account gmail yang akan kita forward ini.
·         Setelah selesai, klik tombol “simpan perubahan”.
·         Setelah itu, semua email yang masuk ke gmail account ini secara otomatis akan di-forward atau diteruskan ke alamat email yang telah kita tentukan diatas.
Cara ini bisa diterapkan pada akun gmail kita yang lain, sehingga kita hanya perlu membuka account email yang digunakan sebagai alamatforwarding, sehingga kita lebih mudah untuk me-manage multiple accountkita.
            Fasilitas pop memungkinkan untuk mendownload surat dari server gmail ke computer pribadi dengan software pembaca email seperti  :outlook expres, ms outlook, Eudora, tunder bird.

Cara aktifasi dan pengaturan POP3 pada Gmail dan email client--
1.    Masuk/Login ke Account Gmail, kemudian klik pada menu SETTING. Klik Setting pada email Gmail   
2.    Aktifkan fasilitas POP nya, pilih menu : Enable POP  for all mail, pada option When Messages are accessed with POP pilih  delete  Gmail’s  copy  (dengan mengaktifkan ini, maka saat email di download/dibaca menggunakan Email Client, maka di inbox Gmail akan dihapus. Ini berguna supaya tidak terjadi duplikasi saat akan mendownload email di waktu yg berbeda. 
3.    Langkah selanjutnya klik SAVE CHANGES. Selesai mengaktifkan fitur POP pd Gmail, sekarang dilanjutkan melakukan setting pada Email Client, dalam hal ini Outlook Express. 
4.    Klik tombol START di taskbar : START > ALL Programs>Outlook Express 
5.    Buat konfigurasi  account email pada email client dengan cara : Klik Tools > Accounts
6.    Klik ADD > MAIL 
7.    Isi nama yang kita inginkan tampil di depan alamat email kita pada kolom DISPLAY NAME, kemudian klik NEXT 
8.    Isikan alamat email kita pada kolom  Email  Address,  klik  NEXT  :
9.    Pilih POP3 pada My Incoming Mail Server is___server 
10.    Pada kolom Incoming Mail isikan : pop.gmail.com 
11.    Pada kolom Outgoing Mail isikan : smtp.gmail.com.
12.    Klik NEXT 
13.    Isikan alamat email pada kolom ACCOUNT NAME 
14.    Isikan password pada kolom PASSWORD 
15.    Hilangkan tanda centang pada LOG ON SECURE PASSWORD AUTHENTICATION 
16.    Klik NEXT 
17.    Klik FINISH 
18.    Pilih tab MAIL, klik PROPERTIES 
19.    Pada tab ADVANCED 
20.    Isikan pada kolom SMTP: 465, centang THIS SERVER REQUIRES A SECURE CONNECTION (SSL) 
21.    Isikan paa kolom POP3: 995, centang THIS SERVER REQUIRES A SECURE CONNECTION (SSL) 
22.    Hilangkan centang pada bagian DELIVERY > LEAVE A COPY OF MESSAGES ON SERVER hal ini mencegah duplikasi email jika dilain waktu akan mendownload email lagi. 
23.    Klik pada tab SERVER  
24.    Cek apakah sudah seperti gambar di atas. Klik APPLY kemudian OK 
25.    Sekarang saatnya kita mulai menerima/mendownload email dari Account Email kita. Klik panah kecil disamping tombol SEND/RECV,pilih RECEIVE ALL. 
26.    Proses download email ke inbox email client dimulai. Pada proses ini jendela bisa kita sembunyikan dengan klik HIDE 
27.    Selama proses download ini, kita bisa melanjutkan aktivitas spt biasa. Jika email yang ada di inbox kita jumlahnya banyak, maka proses ini bisa memakan waktu yang lama.
28.    Langkah selanjutnya adalah mencari dimana email tersebut tersimpan. 
29.    Dari menu TOOLS > OPTIONS
30.    Terbukalah menu options, pilih tab MAINTENANCE
31.    Klik pada tombol STORE FOLDER 
32.    Akan terbuka jendela STORE  LOCATION, klik kanan pada kolom  Your  personal message store  is  located  in  the  following  folder maka akan tampil seperti gambar berikut ini. Selanjutnya pilih SELECT ALL. 
33.    Kemudian ulangi klik kanan dan pilih COPY 
34.    Kemudian klik cancel dan keluar/tutup aplikasi Outlook Express. 
35.    Selanjutnya buka aplikasi  Windows  Explorer,  caranya kalau pakai  Windows  XP, klik Start > AllPrograms > Accesories > Windows Explorer 
36.    Pada jendela WINDOWS EXPLORER , klik kanan pada kolom  ADDRESSS, pilih menu PASTE
37.    Tekan ENTER
38.    Bisa dilihat bahwa terdapat file dengan extention  .dbx karena email2 kita tersimpan di Inbox maka kita  COPY  file  Inbox.dbx  kemudian kita simpan pada file tersebut pada flashdisk atau hardisk external.
39.    Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi OUTLOOK EXPRESS dan bisa dilihat pada inbox kita sudah terisi dengan email sama seperti yang kita download. Jadi email2 tersebut bisa kita baca secara offline. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar